counter free statistics Post Comments

Selamat Datang Di Web Blog Saya. Silahkan Melihat-lihat isi didalamnya, Copy Paste lah sebanyak-banyaknya, tapi jangan lupa DILAMPIRIN SUMBER nya. O iya... Komentarnya nya wajib di isi...!! Terima kasih.

3.17.2011

Tugas Akhir Skripsi - Pengembangan Media Pembelajaran



M.m.m.... Tugas Akhir Skripsi ini masih jauh dari sempurna, namum semoga hasil dari Pengembangan Media Pembelajaran ini berguna bagi sekolah, Khususnya Jurusan Teknik Bangunan. Penelitian ini menggunakan R & D (Reseach and Development). Hasilnya berupa produk pembelajaran yang dikemas dalam CD (Compact Disc). Software yang digunakan dlm pembuatan media pembelajaran ini adalah Macromedia Flash.











ABSTRAK

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER

MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR JURUSAN BANGUNAN

DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Oleh :

Peter Maryono

NIM. 09505245003

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran gambar teknik dasar pada mata pelajaran di SMK Negeri 3 Yogyakarta yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran sehingga membantu pengajar dalam menyampaikan materi pelajaran. Media pembelajaran yang dibuat ini dibuat dengan mengkombinasikan macam macam obyek multimedia, yaitu teks, gambar, animasi, audio, video, dan tombol interaktif, selain itu juga untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran ini.

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Yogyakarta Jurusan Teknik Gambar Bangunan. Merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development). Obyek penelitian adalah media pembelajaran Gambar Teknik Dasar. Tahap penelitian meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) pembuatan produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba pemakaian, (7) revisi produk, (8) produksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket yang dianalisis secara deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X teknik gambar bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2010-2011, dengan sampel siswa kelas X Gambar Bangunan 1 dan kelas X Gambar Bangunan 3.

Hasil penelitian ini adalah Media Pembelajaran Gambar Teknik Dasar, dengan persentase kelayakan (1) penilaian dari pengguna guru SMK Negeri 3 Yogyakarta mencapai 81,00% dengan kategori sangat layak, (2) penilaian dari pengguna siswa kelas X Gambar Bangunan1 dan X Gambar Bangunan 3, Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta mencapai 79,67% dengan kategori sangat layak, (3) Terdapat perbedaan antara hasil belajar dengan rata-rata setiap siswa meningkat 14,7 dari sebelum menggunakan media sebesar 60,72 dan setelah menggunakan media 75,41 menggunakan skala nilai 100. Kesimpulan: Media Pembelajaran Gambar Teknik Dasar sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan terdapat peningkatan hasil belajar bagi siswa yang menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran Gambar Teknik Dasar di SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Kata kunci: media pembelajaran, berbasis komputer, gambar teknik dasar



halaman yang berhubungan



0 comments:

Poskan Komentar

Joint with me.



Statistik




Dari yg online:

Your IP

IP

Powered by

List View

 

Copyright 2011. Peter Pakpahan