counter free statistics Post Comments

Selamat Datang Di Web Blog Saya. Silahkan Melihat-lihat isi didalamnya, Copy Paste lah sebanyak-banyaknya, tapi jangan lupa DILAMPIRIN SUMBER nya. O iya... Komentarnya nya wajib di isi...!! Terima kasih.

6.10.2010

Metodologi Penelitian Pendidikan (SMK)


Oleh:
Prof. Slamet PH. MA, MEd, MA, MLHR, Ph.D.

METODOLOGI PENELITIAN
THEORY-RESEARCH-Theory-Propositions-Constructs-Concepts-Sensations-Conceptual Framework-Hypotheses-Variables-Items-Raw Data-abstract-concrete

METODE ILMIAH
PENELITIAN ILMIAH
MASALAH
PENYUSUNAN KERANGKA BERFIKIR
HIPOTESIS
PENGUJIAN
HIPOTESIS
KESIMPULAN

METODOLOGI PENELITIAN
PENDAHULUAN
Latar belakang masalah
Identifikasi masalah
Pembatasan masalah
Perumusan masalah
Manfaat Penelitian

KAJIAN LITERATUR/PUSTAKA
Pengkajian teori yang dipergunakan
Pembahasan penelitian yang relevan
Penyusunan kerangka berfikir dalam pengkajian hipotesis (dengan menyatakan postelat asosiasi dan prinsip sekiranya ada)
Perumusan hipotesis

METODOLOGI PENELITIAN
Tempat/waktu penelitian
Populasi dan Sampel
Metode Penelitian
Instrumen Penelitian
Teknik pengumpulan data
Teknik analisis data

HASIL PENELITIAN
Deskripsi Data
Pengujian persyaratan analisis
Pengujian hipotesis
Penafsiran
Kesimpulan pengujian hipotesis
Pembahasan Hasil Penelitian

KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN
Kesimpulan
Implikasi
Saran/Rekomendasi

Tahap-Tahap Penelitian
Tahap-tahap penelitian: (1) memilih judul penelitian, (2) merumuskan masalah penelitian, (3) memilih metode penelitian (survei, korelasi, eksperimen, ex post facto, dsb.), (4) merancang/mendisain penelitian, (5) mengumpulkan data, (6) menganalisis data, (7) menguji hipotesis (kalau ada) dan menarik kesimpulan, dan (8) menulis laporan penelitian

Akan dibahas:
Arti penelitian
Pentingnya penelitian
Tujuan penelitian
Karakterisik penelitian
Cara-cara melakukan penelitian
Tantangan penelitian
Sumber–sumber bacaan utama

ARTI PENELITIAN
Penelitian adalah proses ilmiah untuk menemukan sesuatu yang baru/asli yang dilakukan secara terencana dan sistematis mulai dari persiapan, penyusunan rancangan/ disain, pengumpulan data, analisis data dan penafsirannya. Sesuatu yang baru bisa berupa cara, metoda, bahan, model, dsb.

PENTINGNYA PENELITIAN
Penelitian penting dilakukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan (keras dan lunak) dan teknologi serta untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh negara dan masyarakat. Permasalahan negara: sosial, ekonomi, energi, politik, budaya, pendidikan, dsb. Permasalahan masyarakat: flue burung, banjir, kemiskinan, rendahnya mutu pendidikan, kesenjangan, dsb.

TUJUAN PENELITIAN
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menemukan ilmu pengetahuan dan teknologi baru/asli dan bukan replikasi, untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan negara. Seiring dengan itu, penelitian ditujukan untuk menjelaskan, memprediksi, dan mengontrol fenomena.

Disiplin Ilmu
Ilmu Keras:
Matematika
Fisika
Kimia
Biologi
Astronomi

Ilmu Lunak:
Sosiologi
Politik
Ekonomi
Psikologi
Antropologi
Dsb.

Teknologi:
Konstruksi
Manufaktur
Transportasi
Komunikasi
Bio
Energi
Bahan

Rekayasa Sosial:
Pemerintahan
Kebijakan
Manajemen
Tata Kelola
Kepemimpinan
Perpolitikan
Perekonomian
Dsb.

KARAKTERISTIK PENELITIAN
Obyektivitas
Kejujuran
Presisi
Verifikasi
Penjelasan parsimonis
Empiris
Alasan logis
Berfikir probabilistik

SUMBER PENGETAHUAN
Tradisi
Pengalaman
Otoritas
Alasan induktif
Alasan deduktif

Metode ilmiah

KLASIFIKASI PENELITIAN
Klasifikasi penelitian menurut tujuan:
Penelitian dasar (pengembangan atau penghalusan teori) dan terapan (aplikasi teori) untuk memecahkan permasalahan;
Penelitian evaluatif;
Penelitian dan pengembangan
Penelitian tindakan

KLASIFIKASI PENELITIAN MENURUT METODE
Penelitian sejarah
Penelitian diskriptif/survei
Penelitian studi kasus
Penelitian korelasional
Penelitian causal-comparative/ ex post facto
Penelitian eksperimen


METODE PENELITIAN
Metode Survei: mencari informasi secara luas
Metode korelatif: mencari keterkaitn antara variabel satu dengan variabel yang lain
Metode eksperimen: variabel bebas dan variabel terikat
Metode ex post facto: variabel terikat diketahui, lalu menelusuri variabel bebas
Metode sejarah: mengungkap informasi di masa lalu
Metode kualitatif (studi kasus, multi-kasus)

PERMASALAHAN PENELITIAN (RESEARCH PROBLEMS)
Penelitian itu pada dasarnya adalah untuk menjawab permasalahan penelitian yang telah dirumuskan
Oleh karena itu mengiidentifikasi, memilih dan merumuskan permasalahan penelitian merupakan langkah pertama dan utama

Permasalahan penelitian adalah kesenjangan antara kondisi nyata dan kondisi idaman yang perlu diupayakan untuk mengubah kondisi nyata menjadi kondisi yang diidamkan

MEMILIH PERMASALAHAN PENELITIAN
Setelah mengidentifikasi wilayah per- masalahan penelitian yang diminati untuk diteliti (misalnya kurikulum, guru, sarpras, proses belajar mengajar, manajemen sekolah, dsb.), maka langkah berikutnya adalah memilih masalah yang akan diteliti dan kemudian dirumuskan

Sumber-sumber permasalahan penelitian dapat digali dari teori-teori, pengalaman, pengamatan, rekomendasi dari penelitian-penelitian, dan wawancara dengan para pratisi pendidikan

Sumber-sumber masalah penelitian umumnya berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat (krisis moral, motivasi belajar rendah, lemah cara berfikir, kompetensi guru, dsb.), negara (rendahnya prestasi UN, olimpiade internasional, bela negara, dsb.) dan ilmu pengetahuan (teori proses belajar mengajar, teori kurikulum, teori evaluasi, dsb.)

KARAKTERISTIK MASALAH PENELITIAN YANG BAIK
Rumusan masalah dapat diteliti melalui pengumpulan data dan analisis data
Rumusan masalah mempunyai signifikansi/manfaat teoritis/praktis, solusinya dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu dan memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh negara dan masyarakat (perbaikan akses, pemerataan, mutu, dan tata kelola pendidikan
Dapat dijangkau oleh kemampuan peneliti (kemampuan intelektual, dana, waktu, dsb.)

PERUMUSAN MASALAH
Perumusan masalah penelitian yang baik umumnya menunjukkan variable-variabel yang akan diteliti dan hubungan-hubungan antar variabel yang akan diteliti
Variabel-variabel yang diteliti relevan satu dengan yang lain
Permasalahan penelitian memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan ilmu, pemecahan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan negara

CONTOH RUMUSAN MASALAH PENELITIAN PENDIDIKAN
Seperti apa profil budi pekerti peserta didik SMK se DIY? (variabel tunggal)
Adakah perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan pendekatan PAKEM dan CTL? (variabel majemuk)
Adakah korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar? (variabel ganda)

VARIABEL PENELITIAN
Jenis variabel: variabel yg bisa dimanipulasi/ direkayasa; variabel pemberian (given); variabel bebas dan variabel terikat; varibel descrete vs continuous

KAJIAN PUSTAKA (PENYUSUNAN KERANGKA BERPIKIR)
Pengkajian pustaka yang terkait dengan penelitian yang sedang dilakukan melibatkan identifikasi, lokasi dan analisis dokumen-dokumen yang berisi informasi yang terkait dengan masalah penelitian yang akan dijawab
Dokumen-dokumen yang dimaksud meliputi jurnal ilmiah, majalah ilmiah, abstrak, buku, laporan penelitian, disertasi, dll.

Tujuan utama pengkajian pustaka adalah untuk menentukan apa yang telah dilakukan (diteliti) selama ini dan yang perlu dilakukan
Kajian pustaka tidak hanya untuk menghindari duplikasi nyang tak sengaja, tetapi juga memberikan pemahaman dan pencerahan yang diperlukan untuk pengembangan kerangka kerja yang logis
Penelitian yang telah dilakukan akan memberikan rasional untuk hipotesis penelitian anda
Kajian pustaka juga memberitahu metodologi penelitian yang digunakan dan instrumen penelitian yang digunakan

HIPOTESIS PENELITIAN
Hipotesis (hipo=setengah; tesis = kebenaran) adalah jawaban sementara terhadap masalah penelitian yang telah dirumuskan. Dikatakan jawaban sementara karena jawaban tersebut baru didasarkan atas kajian pustaka dan yang masih harus dibuktikan kebenarannya melalui pengum-pulan data dan kemudian dianalisis, yang akan membuktikan apakah hipotesis yang telah dirumuskan itu diterima atau ditolak (yang disebut pengujian hipotesis).
Ada dua jenis hipotesis, yaitu Ho (hipotesis nol yang menyatakan tidak ada perbedaan, tidak ada korelasi,dsb.); Ha (hipotesis alternatif yang menyatakan ada perbedaan, ada korelasi, dsb.). Jika Ho diterima, maka Ha ditolak. Jika Ho ditolak, maka Ha diterima.
Hipotesis dirumuskan setelah mengkaji pustaka dan sebelum melaksanakan penelitian (mengumpulkan data dan menganalisisnya). Jadi, logikanya, hipotesis didasarkan atas implikasi dari teori-teori dan penelitian-penelitian sebelumnya.

CONTOH CARA MENULIS HIPOTESIS
Ho: Tidak ada korelasi antara prestasi belajar mata pelajaran Mekanika Teknik dan mata pelajaran Konstruksi Beton Bertulang pada siswa kelas 3 SMKN 1 Jogjakarta. Sedang Ha (hipotesis alternatif): ada korelasi yang signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran Mekanika Teknik dan mata pelajaran Konstruksi Beton Bertulang pada siswa kelas 3 SMKN 1 Jogjakarta.
Ho: tidak ada perbedaan prestasi belajar antara siswa kelas 2 SMKN 1 Jogjakarta yang diajar dengan CTL dan e-learning. Ha: ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa kelas 2 SMKN 1 Jogjakarta yang diajar dengan CTL dan e-learning.

METODOLOGI PENELITIAN
Untuk menjawab apakah hipotesis yang telah dirumuskan diterima atau ditolak, maka perlu melakukan pengumpulan data dari lapangan dan kemudian menganalisisnya. Mulai dari pengumpulan data hingga sampai analisis data dengan menggunakan metodologi penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan ketepatan-nya, yang meliputi: tempat dan waktu penelitian, populasi dan sampel, metode penelitian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.

A. Metode Penelitian (beberapa saja)
Metode penelitian survei
Metode penelitian korelasi
Metode penelitian eksperimen
Metode penelitian ex post facto
Metode penelitian kasus
Metode penelitian sejarah
Metode penelitian filsafat

B. Tempat dan Waktu Penelitian
Sebutkan tempat (dimana) penelitian dilaksanakan (di SMK, di Dinas Pendidikan Kabupaten, di Industri, dsb.)
Sebutkan berapa lama penelitian dilaksanakan (kapan penelitian dimulai dan kapan penelitian berakhir (bulan apa dan tahun berapa)

C. Populasi dan Sampel Penelitian
Populasi adalah kelompok (grup) yang memiliki kesamaan karakteristik misal-nya: guru SMK jurusan bangunan, siswa SMK jurusan bangunan, sarana dan prasarana SMK jurusan bangunan, dsb. kepadanya si peneliti ingin menggenerali-sasi hasil penelitiannya.
Sampel (cuplikan/contoh) adalah bagian dari populasi. Penelitian selalu dilakukan terhadap sampel dan jika dilakukan terhadap populasi, namanya sensus dan ini tidak perlu hipotesis.
Metode Pemilihan Sampel
Random sampling
Stratified sampling
Cluster sampling
Systematic sampling.

Untuk memperoleh sampel yang benar-benar menggambarkan populasi (mewakili populasi) harus menggunakan cara yang disebut sampling. Jadi, sampling adalah suatu cara (proses) memilih sejumlah individu (sampel) untuk diteliti sedemikian rupa sehingga individu-individu yang terpilih sebagai sampel benar-benar mewakili populasi dimana hasil penelitian akan digeneralisasi kepadanya. Jadi, sampel harus merepresentasikan populasinya. Ada beberapa metode pemilihan sampel a.l. random sampling, stratified sampling, cluster sampling, and systematic sampling.

Menentukan Ukuran/Jumlah Sampel
Ukuran sampel diambil sesebesar mungkin; makin besar ukuran/jumlah sampel, makin mewakili populasi dan makin dapat digeneralisasi hasil penelitiannya
Jika ukuran/jumlah populasi tidak lebih dari 2000, jumlah sampel dihitung dengan diagram Harry King
Untuk penelitian korelasi, jumlah sampel minimum 30 subyek per kelompok; untuk causal comparative/ex post facto 30 subyek per kelompok; untuk eksperimen15 subyek per kelompok;

D. Metode Pengumpulan Data
Kuesioner/angket
Wawancara mendalam
Dokumentasi
Pengamatan/observasi
Tes

E. Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian yang valid (sahih) dan reliable (dapat dipercaya/konsisten) untuk mengumpulkan data sangat diperlukan jika anda ingin menguji hipotesis atau menjawab pertanyaan penelitian
Persyaratan instrumen penelitian: validitas dan reliabilitas
Validitas: validitas isi, validitas konstruk, validitas konkuren, dan validitas prediktif
Reliabilitas: reliabilitas tes-retes, reliabilitas bentuk ekuivalen, reliabilitas pisah separoh, reliabilitas ekuivalen rasional, reliabilitas inter-rater/penskor, koefisien reliabilitas.

Jenis Tes
Tes pencapaian/prestasi
Tes karakter/kepribadian (sikap, motivasi, minat, dsb).
Tes potensi/kemampuan (tes kemampuan umum, tes kemampuan khusus, tes kesiapan)

F. Metode Analisis Data
Pra-analisis
Analisis Diskriptif (Statistik Diskriptif)
Analisis Inferensial (Statistik Inferensial)
Pra-Analisis
Penskoring
Pentabulasian
Skala pengukuran (nominal, ordinal, interval, rasio)
Analisis Diskriptif (Statistik Diskriptif)
Penggrapikan data
Pengukuran tendensi sentral (mean, median, mode)
Pengukuran variabilitas (range, kuartil, desil, standar deviasi, kurve normal)
Pengukuran hubungan/korelasi (rank correlation, product mone correlation, dsb.)

Analisis Inferensial
Deskripsi data
Uji persyaratan analisis data (linearitas untuk analisis korelasi, homoginitas untuk perbedaan/analisis varians
Uji/Pembuktian hipotesis (membandingkan hasil hitungan dengan tabel)
Kesimpulan


PROPOSAL/LAPORAN PENELITIAN
BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang
Identifikasi Masalah
Pembatasan Masalah
Perumusan Masalah
Manfaat/Kegunaan Hasil Penelitian
Definisi Istilah (Variabel penelitian)
BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN KERANGKA BERFIKIR
Kajian Teori yang Digunakan
Kajian Hasil Penelitian yang Relevan
Kerangka Berfikir dan Perumusan Hipotesis

BAB III METODOLOGI PENELITIAN
Tempat dan Waktu
Populasi dan Sampel/Contoh/Cuplikan
Metode Penelitian
Metode Pengumpulan Data
Instrumen Penelitian
Metode Analisis Data

BAB IV HASIL PENELITIAN (INI JIKA LAPORAN PENELITIAN)
Diskripsi Data
Pengujian persyaratan analisis
Pengujian hipotesis
Penafsiran
Kesimpulan pengujian hipotesis
Pembahasan Hasil Penelitian


BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Implikasi
Saran/Rekomnendasi
TANTANGAN PENELITIAN
Mencari masalah penelitian yang sebenarnya (the real research problems);
Penguasaan paradigma, pendekatan, dan metodologi penelitian;
Pemanfaatan hasil penelitian; dan
Keterbatasan dana penelitian

halaman yang berhubungan



1 comments:

Anonim mengatakan...

ko cuma gtuuuuuu
kan butuh penjelasan lebih.....
:(

Poskan Komentar

Joint with me.



Statistik




Dari yg online:

Your IP

IP

Powered by

List View

 

Copyright 2011. Peter Pakpahan