counter free statistics Post Comments

Selamat Datang Di Web Blog Saya. Silahkan Melihat-lihat isi didalamnya, Copy Paste lah sebanyak-banyaknya, tapi jangan lupa DILAMPIRIN SUMBER nya. O iya... Komentarnya nya wajib di isi...!! Terima kasih.

4.24.2010

Hubungan dan Kaitan Antara Belajar dan Pembelajaran


HUBUNGAN DAN KAITAN ANTARA
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

A. Defenisi Belajar
1. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon (Slavin, 2000:143).
2. Menurut Andrias Harefa belajar yaitu mengejar pengetahuan diri sebagai manusia (learning to be), memperkuat solidaritas dan tali silahturahmi sebagai mahluk sosial (learning how to live together), meningkatkan pengetahuan (learning how to think and learn), meningkatkan keterampilan (learning how to do).
3. Menurut Slavin dalam Catharina Tri Anni (2004), belajar merupakan proses perolehan kemampuan yang berasal dari pengalaman.
4. Menurut Gagne (1984: ) belajar didefinisikan sebagai suatu proses dimana suatu organisme berubah perilakunya akibat suatu pengalaman
5. Menurut Gagne dalam Catharina Tri Anni (2004), belajar merupakan sebuah sistem yang didalamnya terdapat berbagai unsur yang saling terkait sehingga menghasilkan perubahan perilaku.
6. Menurut Bell-Gredler dalam Udin S. Winataputra (2008) pengertian belajar adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan aneka ragam competencies, skills, and attitude yang diperoleh secara bertahap dan berkelanjutan mulai dari masa bayi sampai masa tua melalui rangkaian proses belajar sepanjang hayat.
7. Belajar dalam kamus Poerwadarminta (1953), adalah “berusaha berlatih supaya mendapatkan suatu kepandaian”.
8. Galloway dalam Toeti Soekamto (1992: 27) mengatakan belajar merupakan suatu proses internal yang mencakup ingatan, retensi, pengolahan informasi, emosi dan faktor-faktor lain berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya
9. Morgan menyebutkan bahwa suatu kegiatan dikatakan belajar apabila memiliki tiga ciri-ciri sebagai berikut.
a) Adanya perubahan perilaku pada diri (individu). Perubahan tersebut tidak hanya pada aspek pengethauan atau kognitif saja tetapi juga meliputi aspek sikap dan nilai (afektif) serta keterampilan (psikomotor).
b) Perubahan pengalaman. Perubahan perilaku yang terjadi pada individu karena adanya interaksi antara dirinya dengan lingkungan . interaksi ini dapat berupa interaksi fisik dan psikis.
c) Perubahan perilaku akibat belajar bersifat cukup permanen.


B. Defenisi Pembelajaran
1. Menurut Gagne, Briggs, dan wagner dalam Udin S. Winataputra (2008) pengertian pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa.
2. Menurut UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
3. Pembelajaran merupakan proses komunikatif-interaktif antara sumber belajar, guru, dan siswa yaitu saling bertukar informasi
4. Pembelajaran ditekankan pada kegiatan belajar siswa melalui usaha-usaha yang terencana dalam memanipulasi sumber-sumber belajar agar terjadi proses belajar
5. Pembelajaran adalah suatu aktivitas yang dengan sengaja untuk memodifikasi berbagai kondisi yang diarahkan untuk tercapainya suatu tujuan yaitu tercapainya tujuan kurikulum
6. Pembelajaran mengubah masukan yang berupa siswa yang belum terdidik menjadi siswa yang terdidik
7. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik
8. Pembelajaran berhubungan erat dengan pengertian belajar dan mengajar. Belajar, mengajar dan pembelajaran terjadi bersama-sama.
Ciri utama dari pembelajaran adalah inisiasi, fasilitasi, dan peningkatan proses belajar siswa. Sedangkan komponen-komponen dalam pembelajaran adalah tujuan, materi, kegiatan, dan evaluasi pembelajaran.


C. Persamaan Belajar dan Pembelajaran
Adapun persamaan belajar dengan pembelajaran adalah:
1. Dalam pembelajaran maupun belajar, sama-sama mempunyai input maupun output, dengan kata lain dari yang tidak tahu menjadi tahu.
2. Dalam pembelajaran dan belajar, tidak terlepas dari mengajar, sehingga proses belajar, mengajar, dan pembelajaran selalu bersama.
3. Ketika pembelajaran dilaksanakan, maka kegiatan belajar pun ada (terjadi bersama-sama.)
D. Kegunaan Belajar dan Pembelajaran
Kegunaan belajar bermanfaat bagi setiap manusia (individu), yang mana dalam belajar dapat dilakukan oleh dirinya sendiri, dengan adanya usaha untuk belajar, maka seseorang dapat berinteraksi baik dengan orang lain maupun lingkungan.
Sedangkan kegunaan dari pembelajaran sebagai konsep yang dilakukan untuk membentuk seseorang maupun banyak orang untuk belajar. Pembelajaran ini berpengaruh pada lingkungan, peserta didik, maupun pendidik.


E. Hubungan dan Kaitan Belajar dan Pembelajaran
Dari pemahaman diatas, dapat disimpulkan bahwa, Pembelajaran adalah proses membuat orang belajar. Dimana belajar dilakukan dengan usaha sendiri (individu), dan pembelajaran merupakan proses mengajak atau melibatkan seseorang maupun orang lain kearah tujuan. Dalam pembelajaran ini, proses belajar tersebut terjadi secara bertujuan dan terkontrol, yang mana tujuan-tujuan pembelajaran telah dirumuskan dalam kurikulum yang berlaku. Istilah pembelajaran berhubungan erat dengan pengertian belajar dan mengajar. Belajar, mengajar dan pembelajaran terjadi bersama-sama. Belajar dapat terjadi tanpa guru atau tanpa kegiatan mengajar dan pembelajaran formal lainnya.





Daftar Pustaka.

Andrias Harefa (2006). Pembelajaran.
http://yodha-sarasvati.blogspot.com/2006/05/pembelajaran-makna-belajar.html, 03 April 2010

Choiri Setyawan.
http://rakasmuda.com/new/media-info/artikel-artikel/37-umum/56-hakekat-belajar, 05 April 2010

Didiwarsadi (2009). Belajar, Mengajar dan Pembelajaran.
http://didiwarsadi.blogspot.com/2009/09/belajar-mengajar-dan-pembelajaran.html, 04 April 2010

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press.

Techonly13 (2009). Pengertian Belajar dan Pembelajaran. http://techonly13.wordpress.com/2009/07/04/pengertian-belajar-dan-pembelajaran/, 03 April 2010

-. Pembelajaran. http://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran, 04 April 2010

halaman yang berhubungan



0 comments:

Poskan Komentar

Joint with me.



Statistik




Dari yg online:

Your IP

IP

Powered by

List View

 

Copyright 2011. Peter Pakpahan